Analisis Mikrozonasi Seismik Wilay ah Raw an Gempa Bumi di Kenagarian Setara Nanggalo Berdasarkan Indeks Kerentanan Seismik

Salestri, Amelia Monica (2022) Analisis Mikrozonasi Seismik Wilay ah Raw an Gempa Bumi di Kenagarian Setara Nanggalo Berdasarkan Indeks Kerentanan Seismik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_AMELIA_MONICA_SALESTRI_18034037_6291_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Wilayah Kenagarian Setara Nanggalo merupakan salah satu Nagari yang terdampak gempa bumi pada 30 September 2009. Kenagarian Setara Nanggalo terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Gempa bumi yang terjadi menimbulkan beberapa kerusakan dan korban jiwa. Berdasarkan kondisi ini wilayah penelitian dapat diidentifikasi sebagai wilayah yang rawan terhadap gempa bumi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat mikrozonasi seismik berdasarkan indeks kerentanan seismik untuk mengetahui wilayah yang rentan terhadap guncangan gempa bumi yang dapat menimbulkan kerusakan. Penelitian ini dilakukan di Kenagarian Setara Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat. Penelitian dilakukan dengan pengukuran mikrotremor. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode HVSR (Horizontal Vertical Spectral Ratio). Data yang didapatkan dari hasil pengukuran ini dianalisis menggunakan software Sesary Geopsy. Analisis ini menghasilkan nilai frekuensi dominan, dan nilai faktor amplifikasi, dari kedua nilai ini didapatkan indeks kerentanan seismik dengan perbandingan antara nilai faktor amplifikasi dikuadratkan dibagi dengan nilai frekuensi dominan. Penelitian ini menghasilkan peta mikrozonasi dimana, zona kerawanan terhadap guncangan gempa bumi di wilayah penelitian terbagi menjadi 3 zona yaitu, zona dengan kerentanan tinggi, zonakerentanan sedang, dan zona kerentanan rendah. Zona dengan kerentanan tinggi memiliki nilai indeks kerentanan seismik berkisar antara 46,19 sampai dengan 59,10. Zona dengan tingkat kerentanan sedang berkisar antara 23,78 sampai dengan 37,55. Zona dengan tingkat kerentanan rendah memiliki nilai indeks kerentanan seismik berkisar antara 1, 11 sampai dengan 11,68.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 09 Jun 2023 01:59
Last Modified: 09 Jun 2023 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44168

Actions (login required)

View Item View Item