Meta Analisis Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika SMA dan IPA SMP

Humaira, Vinika (2022) Meta Analisis Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika SMA dan IPA SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_VINIKA_HUMAIRA_1703318_5240_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sebagai acuan terlaksananya pendidikan nasional, kurikulum menjadi suatu faktor penting yang mempengaruhi proses pembelajaran. Salah satu standar pendidikan yang menjadi acuan dalam pembelajaran yaitu kornpetensi lulusan. Kompetensi lulusan yang baik dapat dihasilkan melalui proses pembelajaran yang bermutu. Proses pembelajaran tersebut ditentukan oleh pelaksanaan model pembelajaran. Model yang dapat meningkatkan hasil belajar yaitu model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar summary effect size pengaruh model pembelajran inkuiri terhadap hasil belajar fisika SMA dan IPA SMP dilihat berdasarkan jenjang pendidikan dan materi pelajaran. Jenis penelitian ini adalah meta analisis. Meta analisis adalah penelitian yang dilakukan dengan cara merangkum, mengulas dan menganalisis data dari beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Tahapan penelitian meta analisis yaitu melakukan tinjauan pustaka, mengumpulkan data, mempelajari,menilai, menganalisis dan menafsirkan artikel serta menyusun hasil laporan. Kriteria artikel yang digunakan harus terdapat data statistik yang diperlukan. Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan dua hasil penelitian. Pertama, summary effect size pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar pada jenjang SMA lebih besar daripada jenjang SMP, dilihat dari nilai summary effect size SMA 0,42 dan SMP 0,41. Kedua summary effect size pengaruh model pembelajaran inkuiri paling berpengaruh pada materi pelajaran yaitu materi getaran dan gelombang sebesar 0, 73 dan yang paling rendah pada materi sistem gerak sebesar 0,15.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorRahim, Fanny RahmatinaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 09:07
Last Modified: 08 Jun 2023 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44164

Actions (login required)

View Item View Item