Pengaruh Bahan Ajar Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis TIK Terintegrasi STEM Terhadap Pengetahuan, Literasi Data dan Teknologi Siswa SMAN 3 Padang

Uzfa, Vaizatul (2022) Pengaruh Bahan Ajar Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis TIK Terintegrasi STEM Terhadap Pengetahuan, Literasi Data dan Teknologi Siswa SMAN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_VAIZATUL_UZFA_18033171_5045_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri 4.0 menuntut adanya perubahan dalam bidang pendidikan. Pendidikan pada revolusi industri 4.0 hams menerapkan sistem baru yaitu pendidikan STEM. STEM dibentuk dari gabungan Sains, Teknologi, Teknik dan Matematika. Tujuan pendidikan STEM dapat melatih secara kognitif, afektif, maupun keterampilan. Kenyataan yang ditemukan di lapangan, bahan ajar yang digunakan siswa masih rendah dalam pemanfaatan TIK dengan nilai 51, 79, penerapan STEM dalam buku fisika kelas XI masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata 53,30. Kemudian kemampuan literasi data dan literasi teknologi siswa masih tergolong rendah dengan nilai rata-rata yang didapatkan 49,34 dan 39,31. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan bahan ajar berbasis TIK terintegrasi STEM. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh bahan ajar berbasis TIK terintegrasi STEM terhadap pengetahuan, literasi data dan teknologi siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment Research). Desain penelitian yang digunakan Posstest-Only Control Design. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dari populasi penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA SMAN 3 Padang tahun ajaran 2021/2022, dengan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen penilaian kinerja. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji perbandingan dua rata-rata dan uji Mann-Whitney. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk aspek pengetahuan siswa, aspek keterampilan literasi data dan teknologi siswa. Dari basil analisis aspek pengetahuan, aspek keterampilan literasi data dan teknologi siswa menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan bahan ajar gelombang bunyi dan cahaya berbasis TIK terintegrasi STEM memberikan pengaruh yang berarti terhadap aspek pengetahuan, keterampilan literasi data dan keterampilan literasi teknologi siswa SMAN 3 Padang. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa penggunaan bahan ajar gelombang bunyi dan cahaya berbasis TIK terintegrasi STEM efektif diterapkan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 09:07
Last Modified: 08 Jun 2023 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44163

Actions (login required)

View Item View Item