Pengaruh Pengunaan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Konteks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA

Sari, Rezza Septia (2022) Pengaruh Pengunaan Video Pembelajaran Fisika Berbasis Konteks Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_REZZA_SEPTIA_SARI_18033016_7370_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 tidak hanya mengasah kemampuan kognitif, tetapi mencakup kemampuan 4C yang salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis siswa di SMA N 1 Kecamatan Suliki masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan media pembelaj aran yang belum mengasah kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu solusinya adalah penggunaan video pembelajaran fisika berbasis konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran fisika berbasis konteks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA N 1 Kecamatan Suliki. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XL Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan pada penelitian adalah data kemampuan berpikir kritis siswa. Aspek kemampuan berpikir kritis terdiri dari interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Data dikumpulkan menggunakan tes uraian sebanyak 8 butir soal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes tertulis berupa soal essay. Teknik analisis data yang digunakan pada uji hipotesis adalah uji t. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai hitung sebesar 2,742 dan nilai kritis untuk tingkat signifikansi pada alfa 0,05 dan derajat kebebasan 67 didapatkan nilai sebesar 1,996. Nilai hitung lebih besar dari nilai kritis maka hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran fisika berbasis konteks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI di SMA N 1 Kecamatan Suliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorAsrijal, AsrijalUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 09:07
Last Modified: 08 Jun 2023 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44161

Actions (login required)

View Item View Item