Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA/MA

Elita, Reni Sisri (2022) Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RENI_SSREO ELITA_17033150_6454_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini berdasarkan tingkat berpikir kreatif siswa masih rendah dan bahan pembelajaran yang kurang memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Solusi yang diberikan dalam pembelajaran Fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu lembar kerja siswa berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas lembar kerja siswa berbasis PjBL pada materi Fluida Dinamis kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE, adapun langkah­ langkah dari model ADDIE adalah Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),dan Evaluation (Evaluasi). Objek dari penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar uji validitas dan lembar uji kepraktisan penggunaan LKS. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, nilai rata­rata validitas lembar kerja siswa adalah 84,73% berada pada kategori sangat valid. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa berbasis Project Based Learning pada materi Fluida Dinamis dinyatakan valid dari komponen kelayakan isi, model PjBL, keterampilan berpikir kreatif, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 09:07
Last Modified: 08 Jun 2023 09:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44160

Actions (login required)

View Item View Item