Efendi, Yuliza
(2023)
Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel di Antara
Dua Sujud karya Muhammad Irata.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan
karakter dalam novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata. Jenis
penelitian ini ialah kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini
menggunakan pendekatan mimesis. Data dalam penelitian ini adalah data tentang
nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Di Antara Dua Sujud
karya Muhammad Irata. Data tersebut berupa frasa, kata dan kalimat yang
terdapat dalam novel Di Antara Dua Sujud. Sumber data dalam penelitian ini
adalah Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata, yang diterbitkan pada tahun
2017 oleh Mutiara Media dengan tebal 412 halaman. Instrumen penelitian ini
adalah peneliti sendiri dengan bantuan tambahan format lembaran pencatatan.
Teknik pengumpulan data yaitu membaca berulang-ulang, mencatat data, dan
mengklasifikasikan data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter
dalam novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad Irata. Teknik analisis data
adalah teknik deskripsi kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, ditemukan delapan jenis
nilai pendidikan karakter dalam novel Di Antara Dua Sujud karya Muhammad
Irata. Pertama, nilai pendidikan karakter jujur. Kedua, nilai pendidikan karakter
rasa ingin tahu. Ketiga, nilai pendidikan karakter kerja keras. Keempat, nilai
pendidikan karakter bersahabat. Kelima, nilai pendidikan karaktercinta damai.
Keenam, nilai pendidikan karakter gemar membaca. Ketujuh, nilai pendidikan
karakter peduli sosial. Kedelapan, nilai pendidikan karakter tanggung jawab.
Actions (login required)
|
View Item |