Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis di Kelas XI SMAN 12 Padang

Al Fath, Rahmaddillah (2022) Pengaruh Penerapan LKPD Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Dinamis di Kelas XI SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RAHMADDILAH_AL_FATH_17033148_5704_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada abad kedua puluh satu, guru perlu menyiapkan bahan untuk mengajar. LKPD merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan dalam pengajaran, LKPD yang memuat indikator keterampilan abad 21 dapat membantu guru dalam mencapai tujuan pendidikannya, beberapa keterampilan yang dicapai antara lain, kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan inovasi. Berdasarkan data observasi di SMAN 12 Padang kelas XI IPA siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Ulangan Harian pada tahun 2020 yang berkaitan dengan materi fluida dinamis. Karena itu, skor untuk berpikir kritis tersebut rendah. Oleh sebab itu model problem solving dapat digunakan pada LKPD materi fluida dinamis untuk meningkatkan kemampuan kritis siswa pada kelas XI IPA SMAN 12 Padang. Partisipan penelitian ini adalah dua kelas SMAN 12 yaitu kelas XI IPA 1 dengan bahan ajar modul konvensional, dan kelas XI IPA 2 dengan LKPD model problem solving dengan materi yang sama yaitu fluida dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, dan bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan kritis siswa antara kedua kelas tersebut. Data dari kelas XI IPA 2 menunjukkan bahwa, hasil analisis data yang telah di uji melalui uji normalitas, homogenitas, dan pengujian hipotesis, didapatkan data analisis yang memenuhi kriteria data penelitiannya pada taraf signifikansi 0,05 setelah dilakukan pengujian posttest. Data tersebut juga menunjukkan bahwa LKPD problem solving memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap proses dan hasil pembelajaran siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
CorrectorMurtiani, MurtianiUNSPECIFIED
CorrectorDwiridal, LetmiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:56
Last Modified: 08 Jun 2023 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44157

Actions (login required)

View Item View Item