Pembuatan Modul Fisika Berbasis Project Based Learning Dilengkapi Asesmen Portofolio yang Memuat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI

Safitri, Ginanti (2022) Pembuatan Modul Fisika Berbasis Project Based Learning Dilengkapi Asesmen Portofolio yang Memuat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini pemerintah menerapkan kurikulum 2013 sebagai kurikulum pendidikan dengan tujuan agar siswa memiliki keterampilan 4C dan HOTS. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan proses pembelajaran yang berkualitas. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran, salah satunya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran. Fakta yang ditemukan di lapangan, modul yang digunakan di sekolah belum mampu memfasilitasi siswa untuk dapat membangun kemampuan berpikir dan belum sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membuat modul Fisika berbasis Project based learning dilengkapi asesmen portofolio yang memuat keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Fisika berbasis Project based learning dilengkapi asesmen portofolio yang memuat keterampilan berpikir kritis siswa SMA kelas XI yang valid dan praktis. Penelitian ini berfokus pada jenis penelitian pembuatan produk. Produk disusun dengan menggunakan langkah-langkah penyusunan modul sesuai dengan panduan pada depdiknas tahun 2008. Uji coba dilakukan dengan melakukan validasi modul Fisika oleh 3 orang tenaga ahli dosen fisika FMIPA UNP, kemudian dilakukan uji kepraktisan pada tahap one to one kepada guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data untuk validasi produk menggunakan indeks Aiken's V dan uji kepraktisan produk menggunakan teknik persentase. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan basil penelitian, yaitu hasil uji validitas modul fisika dengan nilai rata-rata 0,8 kategori valid. Hasil uji kepraktisan one to one didapatkan nilai rata- rata menurut guru 94,075% dengan kategori sangat praktis dan menurut siswa 88,9% dengan kategori sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul Fisika berbasis Project based learning dilengkapi asesmen portofolio layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, meningkatkan keaktifan siswa, dan memberikan kemudahan penggunaan serta efisiensi bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDewi, Wahyuni SatrisUNSPECIFIED
CorrectorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:11
Last Modified: 08 Jun 2023 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44151

Actions (login required)

View Item View Item