Desain LKPD Elektronik Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Literasi Data Peserta Didik

Rizki, Febrina (2022) Desain LKPD Elektronik Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Literasi Data Peserta Didik. Skripsi thesis, Univesitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FEBRINA_RIZKI_18033093_7431_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi atau sering dikenal dengan revolusi industri 4.0. Revolusi industri 4.0 merupakan revolusi digital yang ditandai dengan perpaduan teknologi yang mengaburkan antara ruang fisik, digital, dan biologis. Perubahan yang terjadi pada era ini tidak sekedar mengenai teknologi tetapi erat kaitannya dengan kemampuan literasi. Salah satu literasi yang cocok untuk menjawab tantangan pada era ini yaitu literasi baru. Fakta yang ditemukan dilapangan adalah basil pengetahuan dan literasi peserta didik tergolong rendah. Salah satu solusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah mengembangkan LKPD elektronik materi gelombang bunyi dan cahaya untuk meningkatkan pengetahuan dan literasi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menentukan validitas dan praktikalitas. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian development research menggunakan model pengembangan 4-D. Model 4-D memiliki 4 tahapan yaitu Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai tahap praktikalitas. Objek pada penelitian ini adalah LKPD elektronik terintegrasi STEM. Sumber data diperoleh dari basil validasi tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP. Sumber data praktikalitas diperoleh dari peserta didik kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Padang. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas dan lembar uji praktikalitas. Teknik analisis data untuk validasi produk menggunakan Aiken's V dan praktikalitas produk menggunakan teknik persentase. Berdasarkan dari basil penelitian, didapatkan nilai uj i validasi dan praktikalitas. Hasil uji validasi diperoleh rata-rata 0,82 dengan kategori valid dalam aspek substansi materi, tampilan komunikasi visual, desain pembelajaran, perangkat lunak penggunaan, dan integrasi STEM. Hasil uji praktikalitas diperoleh nilai 95,55 dengan kategori sangat praktis dalam aspek berguna, mudah digunakan, daya tarik dan jelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD elektronik materi gelombang bunyi dan cahaya terintegrasi STEM adalah valid dan praktis untuk meningkatkan pengetahuan dan literasi data peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
CorrectorAfrizon, RenolUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:11
Last Modified: 08 Jun 2023 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44150

Actions (login required)

View Item View Item