Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Model Problem Solving pada Pemebelajaran Fisika SMA terhadap Hasil Belajar Siswa

Sari, Dea Widya (2022) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Model Problem Solving pada Pemebelajaran Fisika SMA terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DEA_WIDYA_SARI_18033089_5945_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidik mempunyai peran untuk meningkatkan kualitas belajar siswa agar mendapatkan hasil belajar sesuai dengan yang diharapkan, diantaranya dengan memilih model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran adalah model problem solving. Telah cukup banyak penelitian mengenai pengaruh penggunaan model problem solving terhadap hasil belajar siswa, namun ukuran efek yang diperoleh dari setiap penelitian memiliki hasil yang berbeda-beda, oleh karena itu timbul pertanyaan apakah model problem solving efektif untuk meningkatkan hasil belajar fisika SMA siswa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka dilakukanlah penelitian meta-analisis dengan tujuan menentukan summary effect pengaruh model problem solving pada pembelajaran fisika SMA terhadap hasil belajar siswa dan menentukan summary effect pengaruh model problem solving pada pembelajaran fisika SMA terhadap hasil belajar sisw aberdasarkan variabel moderatorya itu materi pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis yaitu metode yang mengkaji beberapa artikel sejenis untuk diambil kesimpulan. Setiap informasi dan data yang ada pada setiap artikel digabungkan untuk dilakukan perhitungan secara statistika sehingga diperoleh kesimpulan. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 artikel. Artikel yang digunakan adalah artikel yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Hasilp enelitian yang pertama adalah summary effect pengaruh penggunaan model problem solving pada pembelajaran fisika SMA terhadap hasil belajar siswa yaitu 0.940 berada pada kategori tinggi, hasil yang kedua adalah penerapan model problem solving memiliki pengaruh paling tinggi pada materikinematika gerak dengan summary effect 1.670 berada pada kategori sangat tinggidan model problem solving tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswapada materi besaran dan satuan dengan summary effect 0.323 berada pada kategorikecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:52
Last Modified: 08 Jun 2023 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44149

Actions (login required)

View Item View Item