Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Problem Solving dalam Mencapai Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika Kelas XI SMAN 3 Pariaman

Aprilia, Ade (2022) Pengaruh Penerapan LKS Berbasis Problem Solving dalam Mencapai Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Teori Kinetik Gas dan Termodinamika Kelas XI SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ADE_APRILLIA_16033002_5106_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

danya perubahan dan pergantian kurikulum di Indonesia tentu tidak terlepas dari persoalan perubahan zaman. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak pula tantangan masa depan yang akan kita hadapi. Untuk mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi tantangan masa depan ini, tentunya dibutuhkan generasi yang mampu menguasai keterampilan abad 21, salah satunya keterampilan 4C. Agar siswa dapat menguasai salah satu keterampilan 4C, yaitu keterampilan berpikir kritis, perlu dilakukan upaya yaitu dengan menerapkan LKS berbasis problem solving dalam proses pembelajaran. Karena dengan LKS berbasis problem solving dirasa dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada atau tidaknya pengaruh LKS berbasis problem solving dalam mencapai keterampilan berpikir kritis siswa pada materi teori kinetik gas dan termodinamika XI di SMAN 3 Pariaman. J enis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Desain penelitian ini menggunakan Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sample random sampling sehingga dapat ditentukan kelas sampel yaitu kelas XI MIPA 1 yang ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes akhir soal esai. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis pada taraf nyata 5%. Berdasarkan basil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai keterampilan berpikir kritis siswa setelah menerapkan model pembelajaran problem solving selama proses pembelajaran fisika pada materi teori kinetik gas dan termodinamika. Peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Perbedaan ini disebabkan oleh pengaruh penerapan LKS berbasis problem solving. Hasil analisis data diperoleh bahwa nilai thitung > ttabet (3,78 > 2,00), hal ini berarti hipotesis diterima dan terdapat perbedaan signifikan pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan dk= nl +n2-1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan LKS berbasis problem solving dalam mencapai keterampilan berpikir kritis siswa pada materi teori kinetik gas dan termodinamika pada kelas XI SMAN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorMurtiani, MurtianiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyu SatriaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:52
Last Modified: 08 Jun 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44148

Actions (login required)

View Item View Item