Pengembangan Modul Elektronik sebagai Media Pembelajaran tentang Materi Virus Kelas X SMA

Wahyuni, Widia (2022) Pengembangan Modul Elektronik sebagai Media Pembelajaran tentang Materi Virus Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_WIDIA_WAHYUNI_18031050_7849_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran Abad ke-21 guru selaku pendidik mempunyai peranan penting dalam mengupayakan inovasi pembelajaran yang terintegrasi dengan sistem teknologi, salah satunya dengan menggunakan modul elektronik. Kurangnya keterampilan guru dalam mengintegrasikan media pembelajaran dengan sistem teknologi, membuat ketersedian media dan bahan ajar yang ada di SMAN 1 Lubuk Sikaping masih terbatas serta belum bersifat fleksibel dan interaktif Peserta didik mengaku membutuhkan media pembelajaran lainnya yang bisa membantu dalam memahami materi biologi. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian dengan tujuan mengembangkan modul elektronik sebagai media pembelajaran tentang materi virus kelas X SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan Reseach and Development yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari validator yaitu 2 orang dosen dan 1 orang guru di SMAN 1 Lubuk Sikaping. Responden uji coba yaitu 34 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 dan 1 orang guru yang berbeda untuk validator. Objek penelitian ini adalah modul elektronik sebagai media pembelajaran tentang materi virus kelas X SMA. Instrumen penelitian ini berupa angket uji validitas dan uji praktikalitas. Data penelitian ini berupa data primer yang diperoleh secara langsung dari subjek penelitian. Data yang dididapatkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, telah dihasilkan modul elektronik yang sangat valid dan praktis. Menurut validator modul yang telah dihasilkan memiliki kriteria sangat valid dengan rata-rata 93,79%, baik dari aspek pembelajaran, komunikasi visual, dan rekayasa perangkat lunak. Ditinjau dari basil uji praktikalitas, modul elektronik yang dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata 90,63%, dan dikategorikan praktis oleh peserta didik dengan rata-rata 89,48%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa modul elektronik sebagai media pembelajaran tentang materi virus kelas X SMA yang dihasilkan telah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitri, RahmadhaniUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorHijrah, GandaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:00
Last Modified: 08 Jun 2023 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44143

Actions (login required)

View Item View Item