Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik tentang Materi Sistem Gerak untuk SMA

Zahara, Fuji (2022) Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik tentang Materi Sistem Gerak untuk SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FUJI_ZAHARA_18031008_7294_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran bermanfaat untuk meningkatkan minat peserta didik terhadap pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk menjelaskan makna yang disampaikan, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang lebih sempuma. Salah satu media pembelajaran adalah modul. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa modul adalah bahan ajar yang belum pemah digunakan saat proses pembelajaran. Bahan ajar yang digunakan adalah buku paket yang jumlahnya sangat terbatas. Guru mengungkapkan bahwa bahan ajar berupa modul berbasis pendekatan saintifik belum tersedia. Pada kurikulum 2013 diisyaratkan perlunya proses pembelajaran yang dipandu oleh kaidah-kaidah pendekatan saintifik. Berdasarkan angket observasi peserta didik terungkap bahwa peserta didik kurang termotivasi dalam membaca dan menggunakan bahan ajar biologi, untuk itu peserta didik membutuhkan bahan ajar tambahan yang dapat dipelajari secara mandiri. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dikembangkan modul berbasis pendekatan saintfik tentang materi sistem gerak untuk SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Namun penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan, tahap penyebaran tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya dalam penyebaran produk. Modul divalidasi oleh 3 orang validator yaitu dua orang dosen biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi SMAN 1 Pantai Cermin dengan menggunakan instrumen berupa lembar uji validitas dan praktikalitas dilakukan kepada satu orang guru biologi dan 30 orang peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Pantai Cermin. Objek penelitian ini adalah modul biologi berbasis pendekatan saintifik tentang materi sistem gerak untuk peserta didik Kelas XI SMA. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkannya modul berbasis pendekatan saintifik tentang materi sistem gerak. Nilai rata-rata validitas modul sebesar 85,72% dengan kriteria sangat valid dan rata-rata nilai praktikalitas sebesar 91,06% dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkannya modul berbasis pendekatan saintifik tentang materi sistem gerak yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YusniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:35
Last Modified: 08 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44139

Actions (login required)

View Item View Item