Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Pada Materi Pola- Pola Hereditas

Rahmi, Finda Ulfa (2022) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII MIPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Pada Materi Pola- Pola Hereditas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FINDA_ULFA_RAHMI_18031135_7866_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peserta didik dalam menghadapi abad globalisasi dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis peserta didik dibutuhkan dalam mengakumulasikan pengetahuan, soft skill, literasi digital agar tercapaianya tujuan pembelajaran. Peserta didik yang dibekali dengan keterampilan berpikir kritis dapat mencermati pendapat orang lain berdasarkan kebenaran ilmiah dan pengetahuan sehingga peserta didik tanpa ada rasa ragu menilai mana pendapat yang salah atau benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Pada Materi Pola-PolaHeriditas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Data yang diperoleh melalui teknik tes yang sudah valid dan reliabel berdasarkan hasil uji coba. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan angket uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa hasil keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMAN 1 V Koto Kampung Dalam pada materi hereditas setiap indikator yaitu, merumuskan pertanyaan 45%, menganalisis argumen 44, 16%, mempertimbangkan kredibilitas sumber 50,00%, melakukan induksi 40,83%, melakukan dedukasi 38,3%, Membuat istilah dan definisi 45,83% dan menentukan suatu tindakan 44, 16%. Analisis tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII MIP A SMA N 1 V Koto Kampung Dalam secara keseluruhan 44, 71 % dengan kategori rendah. Hampir semua indikator karakteristik keterampilan berpikir kritis belum dikuasai peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorAngraini, RiaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:35
Last Modified: 08 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44138

Actions (login required)

View Item View Item