Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka

Mawaddah, Mawaddah (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Square terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_MAWADDAH_17029033_2040_2023_(3 Mar).pdf

Download (850kB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik agar dapat menyelesaikan permasalahan sehingga tujuan pembelajaran tercapai. Namun, kenyataannya pemahaman konsep matematis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka masih rendah dan belum optimal. Penyebab hal ini terjadi salah satunya dikarenakan mereka belum berperan aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran yang dilakukan kurang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematisnya. Salah satu upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi experimen dengan rancangan Static Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes pemahaman konsep matematis. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik, diperoleh P-value = 0,001 artinya pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Koto Balingka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorSri Elniati, Sri ElniatiUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Square, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Jun 2023 06:52
Last Modified: 08 Jun 2023 06:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44136

Actions (login required)

View Item View Item