Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Payakumbuh tentang Materi Bioteknologi

Azizah, Farah (2022) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Payakumbuh tentang Materi Bioteknologi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FARAH_ZIZAH_18031129_5690_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada abad 21 menuntut peserta didik memiliki keterampilan 4C, salah satunya keterampilan berpikir kritis ( critical thinking). Keterampilan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran diantaranya pada materi bioteknologi. Pembelajaran di SMAN 1 Payakumbuh sudah berorientasi keterampilan berpikir kritis, namun masih belum optimal, dan data mengenai keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui instrumen tes yang berfokus pada aspek berpikir kritis belum diketahui. Oleh karena itu, perlu dianalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui instrument tes yang berfokus pada aspek berpikir kritis Ennis (2011). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMAN1 Payakumbuh tentang Materi Bioteknologi Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Data yang diperoleh melalui teknik tes yang sudah valid dan reliabel berdasarkan hasil uji kualitas soal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan angket uji validitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII SMAN 1 Payakumbuh dianalisis per aspek diperoleh: pada aspek memberikan penjelasan sederhana (basic clarification) dengan kategori rendah, aspek menentukan dasar dalam pengambilan keputusan (bases for a decision) dengan kategori rendah, aspek membuat kesimpulan (inference) dengan kategori rendah, aspek membuat penjelasan lebih lanjut (advanced clarification) dengan kategori rendah, aspek membuat anggapan dan integrasi (supposition and integration) dengan kategori sangat rendah, aspek mengatur strategi dan taktik (strategies and tactic) dengan kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat keterampilan berpikir kritis dari masing-masing indikator peserta didik kelas XII SMAN 1 Payakumbuh pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:35
Last Modified: 08 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44135

Actions (login required)

View Item View Item