Pengembangan Media Pembelajaran Esleaming berbasis Google Classroom bernuansa ESQ pada Materi Sistem Gerak untuk Peserta Didik kelas XI SMA/MA

Maltika, Afmi Randi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Esleaming berbasis Google Classroom bernuansa ESQ pada Materi Sistem Gerak untuk Peserta Didik kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_AFMI_RANDI_MALTIKA_18031120_7475_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini merupakan solusi terkini dalam membantu proses belajar mengajar.. Salah satu contoh pemanfaatan TI dalam proses pembelajaran yang sering digunakan adalah pemanfaatan e-learning. Esleaming merupakan suatu sistem operasi yang menggunakanjaringan komputer atau internet dan sebagai media pembantu dalam pembelajaran. Salah satu media e-learning adalah Google Classroom. Google Classroom merupakan platform pembelajaran berbasis jejaring sosial yang diperuntukkan untuk guru dan peserta didik. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Media Pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom bernuansa ESQ tentang materi Sistem gerak untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran e-learning berbasis Google Classroom bernuansa ESQ tentang materi Sistem gerak untuk Peserta didik kelas XI. Subjek uji coba penelitian ini 1 orang guru biologi dan 30 orang peserta didik Kelas XII SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang sebagai praktikalitas penggunaan e-learning serta divalidasi oleh 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru biologi SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Berdasarkan basil penelitian, didapatkan bahwa basil validasi menunjukkan nilai rata-rata sebesar 90.15% dengan kategori sangat valid. Hal ini menunjukkan bahwa e-learning berbasis Google Classroom bernuansa ESQ dikembangkan sangat valid baik dari segi aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, maupun aspek media Google Classroom. Hasil praktikalitas menunjukkan nilai rata-rata 91.38% untuk guru dengan kategori sangat praktis dan 87,66% untuk peserta didik dengan kategori praktis. Maka dari itu, e-learning berbasis Google Classroom bernuansa ESQ pada materi Sistem gerak kelas XI SMA/MA sudah valid dan praktis untuk membantu proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa'adatulUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:35
Last Modified: 08 Jun 2023 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44134

Actions (login required)

View Item View Item