Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 33 Padang

Okri, Levira (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 33 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_LEVIRA_OKRI_17029103_2383_2023_(15 Mar).pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 33 Padang masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan static group design. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, terpilihlah kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes akhir hasil belajar matematika dengan rata-rata skor yang didapatkan pada kelas eksperimen adalah 16,43 dan kelas kontrol adalah 13,27. Pada penelitian ini, uji normalitas dilakukan dengan uji Anderson-Darling dan uji homogenitas variansi dengan uji F. Karena data berdistribusi normal dan memiliki variansi homogen maka uji hipotesis yang dilakukan adalah uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada model pembelajaran langsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna,, Mirna,UNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Student Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:34
Last Modified: 08 Jun 2023 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44133

Actions (login required)

View Item View Item