Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman

Andini, Laura (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_LAURA_ANDINI_18029072_2234_2023_(8 Mar).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan yang harus dikuasai dalam pembelajaran matematika. Kenyataan di lapangan ditemukan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman masih rendah. Salah satu upaya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pemahaman konsep peserta didik yag belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknikSimple Random Sampling, dan terpilih kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis yang di analisis menggunakan uji hipotesis dengan uji U Mann-Whitney. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian terlihat bahwa uji hipotesis yang telah dilakukan pada analisis data diperoleh sebesar 0,000 berarti hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan model kooperatif tipe think talk write lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMAN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisor. Mukhn, . MukhnUNSPECIFIED
CorrectorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Think Talk Write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 08 Jun 2023 03:14
Last Modified: 08 Jun 2023 03:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44132

Actions (login required)

View Item View Item