Pengaruh Hasil Belajar Teori Musik Dasar terhadap Hasil Belajar Praktik Instrumen Tiup (Saxophone) di Jurusan Sendratasik

Kurniawan, Wahyu (2023) Pengaruh Hasil Belajar Teori Musik Dasar terhadap Hasil Belajar Praktik Instrumen Tiup (Saxophone) di Jurusan Sendratasik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_WAHYU_KURNIAWAN_17023204_1753_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan besaran pengaruh hasil belajar mata kuliah teori musik dasar terhadap hasil belajar mata kuliah praktik instrumen tiup (Saxophone) di jurusan Sendratasik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan sendratasik angkatan 2017 pada mata kuliah teori musik dasar dan praktik instrumen saxophone. Sampel pada penelitian adalah hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Sendratasik Konsentrasi Musik Jurusan Sendratasik FBS UNP angkatan 2017 pada mata kuliah vokal dan mata kuliah paduan suara. Adapun sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan sendratasik yang berjumlah 21 orang angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan sumber data primer. Sedangkan untuk teknis analisis data, penelitian ini menggunakan teknik korelasi. Hasil penelitian dan pengolahan data serta pengujian hipotesis bahwa koefisien korelasi (r) diperoleh pada hasil belajar mata kuliah teori musik dasar dan mata kuliah praktik instrumen tiup (Saxophone) dari 21 orang dari Prodi Pendidikan Sendratasik angkatan 2017 sebesar 0,6 atau 60,4%. Nilai tersebut menunjukan hasil belajar mata kuliah teori musik dasar dan hasil belajar mata kuliah praktik instrumen tiup berada pada tingkat hubungan kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHadi, HarisnalUNSPECIFIED
CorrectorArdipal, ArdipalUNSPECIFIED
CorrectorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:30
Last Modified: 08 Jun 2023 02:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44125

Actions (login required)

View Item View Item