Implementasi Kode Etik Pustakawan Berdasarkan Standar IPI bagi Profesi Pustakawan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Andini, Titin Tri (2023) Implementasi Kode Etik Pustakawan Berdasarkan Standar IPI bagi Profesi Pustakawan di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_TITIN_TRI_ANDINI_18234109_1109_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) sikap dasar pustakawan, (2) hubungan pustakawan dengan pemustaka, (3) hubungan pustakawan antar pustakawan, (4) hubungan pustakawan dengan perpustakaan, (5) hubungan pustakawan dengan organisasi profesi, (6) hubungan pustakawan dengan masyarakat. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ada 8 orang pustakawan. Analisis data dimulai dari tahap reduksi data atau pemilihan data yang dianggap penting serta mengelompokan data tersebut sesuai dengan indikator, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sikap dasar pustakawan sudah dilakukan dengan baik dimana dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan pustakawan telah memberikan kebutuhan pemustaka dan bertanggung jawab dengan pekerjaan yang dikerjakan dimana pustakawan telah bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku di perpustakaan tersebut. (2) pustakawan telah memenuhi hubungan pustakawan dengan pemustaka dengan baik berdasarkan kode etik berdasarkan standar IPI dimana pustakawan melindungi hak privasi pemustaka dan juga memberikan kebutuhan informasi kepada pemustaka dengan baik. (3) pustakawan telah melaksanakan hubungan pustakawan antar pustakawan dengan baik dimana pustakawan melakukan kegiatan sharing dengan pustakawan lain untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja dalam perpustakaan. (4) hubungan pustakawan dengan perpustakaan belum terlaksana dengan baik dimana pustakawan masih jarang ikut aktif dalam rumusan kebijakan di perpustakaan tersebut. (5) hubungan pustakawan dengan organisasi profesi pustakawan telah mengikuti organisasi profesi pustakawan seperti IPI namun belum sepenuhnya memberikan kontribusi. (6) hubungan pustakawan dengan masyarakat belum dilakukan secara optimal dimana pustakawan jarang melakukan kerja sama dengan masyarakat dimana pustakawan hanya memberikan sumbangan kepada masyarakat seperti memberikan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang dimiliki sebagai seorang pustakawan. Dapat disimpulkan bahwa implementasi kode etik pustakawan di perpustakaan UIN telah memenuhi standar IPI bagi profesi pustakawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesryeniUNSPECIFIED
CorrectorAfnita, AfnitaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:29
Last Modified: 08 Jun 2023 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44122

Actions (login required)

View Item View Item