Anggraini, Yelni
(2023)
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak dalam
Kumpulan Dongeng Karya Versi Filyan dan
Gibran.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan yang terdapat dalam
Kumpulan Dongeng versi Filyan dan Gibran. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter
tersebut meliputi Jujur, Disiplin, Percaya Diri, Peduli, Gigih, Tegas,
Bertanggung Jawab, Kreatif, dan Bekerja Keras.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Data dalam penelitian ini kata, frasa, klausa, atau kalimat
yang mengindikasikan nilai-nilai pendidikan karakter dan berupa narasi
narrator mengenai tokoh, tindakan tokoh, tuturan tokoh pada latar cerita dalam
kumpulan dongeng karya Filyan dan Gibran. Sumber data penelitian ini adalah
Kumpulan Dongeng karya Filyan dan Gibran yang diterbitkan oleh Karya
Gemilang Utama Surabaya.
Sesuai dengan tujuan penelitian, hasil penelitian menunjukkan adanya
nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kumpulan Dongeng karya Filyan dan
Gibran. Bentuk nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kumpulan Dongeng
karya Filyan dan Gibran terdiri atas sepuluh yaitu nilai pendidikan karakter
Jujur, Disiplin, Percaya Diri, Peduli, Gigih, Tegas, Bertanggung Jawab, Kreatif,
dan Bekerja Keras ditemukan dalam kumpulan dongeng karya Filyan dan
Gibran.
Actions (login required)
|
View Item |