Dipinta, Yona
(2022)
Fuzzy Service Quauty Dalam Anausis Kepuasan Pengunjung Terhadap Kualjtas Pelayanan Objek Wisata Kapalo banda.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan daerab yang memiliki banyak objek wisata. Salah satunya yaitu objek wisata Kapalo Banda yang berJokasi di Kecamatan harau, Nagari Taram, .Torong Tanjuang Ateh. Objek wisata Kapalo Banda menyuguhkan pernandangan alam yang indah. Pengukuran kepuasan pengunjung terhadap kualitas pelayanan suaru objek wisata perJu diJakukan guna mengetahui sejauh mana objek wisata tersebut dapat memberikan pelayanan yang diharapkan oleh pengunjung. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kepuasan pengunjung berdasarkan gap (kesenjangan) per atrihut dan mengidentifikasi atribut pelayanan yang dapat dijadikan acuan perbaikan clan peningkatan kualitas peJayanan.
Penelitian ini merupakan penelitian terapan dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pengunjung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yairu fuzzy service quality. Metode fuzzy service quality sendiri me.rupakan penggabungan dari rnetode service quality dengan logika fuzzy. Metode service quality dapat digunakan untuk mengukur kepuasan pengunjung terhadap kualitas dari pelayanan berdasarkan lima dimensi kualitas. Dalam mentolerir terjadinya kesalahan penilaian maka metode service quality diiniegrasikan dengan metode .fuzzy sehingga penilaian yang bersifat ambigu dapat diatasi.
Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa pengunjung tidak puas dcngan pclayanan yang dibcrikan karcna tcrdapat lima nilai gap positif dan sepuluh nilai gap negatif. Oleh karena itu, perlu dilakukannya perhaikan. Atrihut pelayanan yang dapat <lija<likan acuan perbaikan yaitu atribut dengan nilai gap tertinggi.
Actions (login required)
|
View Item |