Model Matematika Pengaruh Virus Kuning Pada Tanaman Tomat Melalui Serangga Bemisia tabaci DENGAN Memanfaatkan Jamur Verticillium lecanii

Atifah, Nada (2022) Model Matematika Pengaruh Virus Kuning Pada Tanaman Tomat Melalui Serangga Bemisia tabaci DENGAN Memanfaatkan Jamur Verticillium lecanii. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NADA_ALIFAH_18030097_6275_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Virus kuning merupakan virus yang menyerang tanaman tomat. Virus ini disebarkan oleh vektor serangga Bemisia tabaci. Virus kuning dapat menyebabkan tanaman tomat memiliki daun tebal, kecil, menggulung serta daunnya berwama kuning, tanaman menjadi kerdil, dan gagal bereproduksi. Pencegahan virus kuning dapat dilakukan salah satunya dengan pengendalian vektor serangga dengan memanfaatkan jamur Verticillium lecanii. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk model matematika pengaruh virus kuning pada tanaman tomat melalui serangga Bemisia tabaci dengan memanfaatkan jamur Verticillium lecanii dan menginterpretasikan hasil analisis dari model matematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana dengan menggunakan metode ini dilakukan analisis teori-teori yang sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas yaitu pengaruh virus kuning pada tanaman tomat melalui serangga Bemisia tabaci dengan memanfaatkan jamur Verticillium lecanii dan teori-teori ini dilandaskan pada studi kepustakaan. Penelitian ini diawali dengan menentukan asumsi, variabel dan parameter yang berhubungan dengan pengaruh virus kuning pada tanaman tomat melalui serangga Bemisia tabaci dengan memanfaatkan jamur Verticillium lecanii sehingga model matematika dapat terbentuk. Selanjutnya, akan dilakukan analisis pada model serta dilakukan simulasi numerik. Diakhiri dengan menginterpretasi- kan model tersebut dari hasil analisis yang telah dilakukan. Berdasarkan basil analisis terdapat dua titik ekuilibrium yaitu titik ekuilibrium bebas penyakit dan titik ekuilibrium endemik. Hasil analisis dari analisis kestabilan menggunakan kriteria Routh-Hurwitz ditunjukkan bahwa padatitik ekuilibrium bebas penyakit stabil asimtotik jika ilt = µtN dan untuk titik 2 2 ekuilibrium endemik stabil asimtotik jika d1 > e1, d2 > e2, dan a1 > a1 +a3a0• a3a2 Kemudian simulasi model menunjukkan bahwa jika keefektifan Verticilliumlecanii itu besar maka populasi tanaman tomat yang terinfeksi akan mengalami penurunan sampai kepunahan begitu juga dengan populasi Bemisia tabaci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorAhmad, DefriUNSPECIFIED
CorrectorWinanda, Rara SandhyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:28
Last Modified: 08 Jun 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44117

Actions (login required)

View Item View Item