Penentuan Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pengambilan Keputusan Menggunakan Metode FuzzyTsukamoto (Studi Kasus: Toko Emas Murni Padang)

Yulianti, Kenny (2022) Penentuan Tingkat Kepuasan Pelanggan Dengan Pengambilan Keputusan Menggunakan Metode FuzzyTsukamoto (Studi Kasus: Toko Emas Murni Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_KENNY_YULIANTI_16036071_4941_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan perasaan atau intuisi manusia yang digambarkan dalam variabel kata-kata.Variabel tersebut bersifat tidak kaku sehingga tidak dapat diperhitungkan secara pasti nilainya. Maka untuk dapat langsung merasakan nilai dari variabel kata-kata yang digunakan sehari-hari dapat menggunakan logika fuzzy. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan pengambilan keputusan menggunakan metode fuzzy tsukamoto di Toko Emas Mumi Padang. Penelitian ini merupakan penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang terdiri dari indikator kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga. Populasi pada penelitian ini yaitu semua pelanggan yang bertransaksi di Toko Emas Mumi Padang. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode Accidental Sampling dimana pengambilan sampel dilakukan kepada pelanggan yang bertransaksi di Toko Emas Mumi Padang. Data yang diperoleh selanjutnya diolah menggunakan metodefuzzy tsukamoto.Perhitungan tingkat kepuasan pelanggan di Toko Emas Mumi Padang menggunakan metode fuzzy tsukamoto dimulai dengan menjumlahkan hasil kuesioner setiap variabel untuk setiap subyek, menentukan himpunan fuzzy dari masing-masing variabel input dan output, menentukan fungsi implikasi dengan metode MIN, menentukan nilai output dari aturan logika fuzzy, dan melakukan defuzzyfikasi dengan menggunakan metode tsukamoto (rata-rata terbobot). Hasil penelitian ini diperoleh langkah-langkah untuk menentukan tingkat kepuasaan pelanggan yang terdiri dari lima tahap. Dengan mensubstitusikan semua nilai pada kepuasan pelanggan maka diperoleh tingkat kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRizal, YusmetUNSPECIFIED
CorrectorArnelis, ArnelisUNSPECIFIED
CorrectorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:28
Last Modified: 08 Jun 2023 02:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44116

Actions (login required)

View Item View Item