Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Cooperative Learning di Kelas XI IPA 1 dalam Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang

Martha, Andra Tri (2022) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Cooperative Learning di Kelas XI IPA 1 dalam Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ANDRA_TRI_MARTHA_18332023_7640_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dengan menggunakan metode Cooperative Learning kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi dengan mengunakan lembar observasi, dan tes psikomotorik siswa dengan metode Cooperative Learning. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji data siswa dengan menggunakan rumus presentase. Teknik pengambilan data siswa digunakan dengan tes praktek dengan indikator orisinalitas, teknik gerak dan kelancaran gerak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran seni tari di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tilatang Kamang dapat meningkatkan hasil belajar. Rata-rata hasil belajar tes kognitif pada siklus 1 dengan persentase ketuntasan 94,11 %dan 5,88% yang tidak tuntas, sehingga tes kognitif tidak dilanjutkan pada siklus II. Pada aktivitas siswa siklus I di setiap pertemuannya masih rendah dengan rata-rata 70,10 % dan pada indikator aktifitas siswa pada siklus II dengan jumlah rata-rata 89,10%. Pada siklus 1 belum ditemukan peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah dilanjutkan pada siklus II dengan metode Cooperative Learning ternyata hasil belajar siswa lebih meningkat. Dengan meningkatnya hasil belajar seni tari menggunakan metode Cooperative Learning dan target yangdiinginkan di capai telah berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, METODE COOPERATIVE LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:26
Last Modified: 08 Jun 2023 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44111

Actions (login required)

View Item View Item