Model Matematika Produksi Persediaan dengan Adanya Kerusakan Barang Dan Mempertimbangkan Pengurangan Harga Serta Penundaan Pembayaran

Putri, Desi Triana (2022) Model Matematika Produksi Persediaan dengan Adanya Kerusakan Barang Dan Mempertimbangkan Pengurangan Harga Serta Penundaan Pembayaran. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_DESI_TRIANA_PUTRI_18030107_6229_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan mengenai total biaya persediaan yang belum optimal pada suatu perusahaan yang memproduksi sendiri barang persediaan di perusahaannya merupakan masalah yang sering terjadi dan penting untuk diselesaikan. Masalah ini disebabkan karena pengendalian persediaan yang diterapkan oleh suatu perusahaan belum efektif seperti adanya kerusakan barang dan pemberian pengurangan harga pada barang yang mengalami kerusakan yang menyebabkan total biaya persediaan menjadi tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah membentuk model matematika dan menginterpretasikan model dari produksi persediaan dengan adanya kerusakan barang dan pengurangan harga serta adanya penundaan pembayaran. Model Economic Production Quantity (EPQ) digunakan dalam pengendalian persediaan ini. Penelitian ini merupakan penelitian teoritis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menganalisis teori yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi masalah, menentukan variabel, parameter, dan asumsi-asumsi yang terkait dengan masalah yang dibahas sehingga dapat membentuk model matematika. Model matematika yang diperoleh akan diinterpretasikan sehingga diperoleh suatu solusi optimal dari model yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam mengatasi masalah di perusahaannya. Berdasarkan penelitian diperoleh model jumlah persediaan dengan adanya kerusakan pada barang. Dimana semakin banyak barang yang mengalami kerusakan dan semakin banyak pengurangan harga maka total biaya persediaan akan semakin besar. Persamaan total biaya persediaan yang diperoleh dengan adanya periode penundaan pembayaran yang lebih singkat dari periode pengisian barang akan dikenakan biaya bunga yang menyebabkan total biaya persediaan lebih besar. Sedangkan persamaaan total biaya persediaan dengan adanya periode penundaan pembayaran yang lebih panjang dari periode pengisian barang tidak dikenakan biaya bunga sehingga total biaya persediaan lebih kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSubhan, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorHelma, HelmaUNSPECIFIED
CorrectorMurni, DewiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:26
Last Modified: 08 Jun 2023 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44110

Actions (login required)

View Item View Item