Deskripsi Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Aljabar di Kelas XI SMAN 13 Padang

Dwirafita, Winda (2022) Deskripsi Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Kriteria Watson dalam Menyelesaikan Soal Limit Fungsi Aljabar di Kelas XI SMAN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_WINDA_DWIRAFITA_17029049_7851_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Analisis kesalahan perlu dilakukan utuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan dan mengapa kesalahan tersebut dilakukan oleh peserta didik. Kesalahan yang diteliti didasarkan pada jenis-jenis kesalahan menurut kriteria Watson yang meliputi data tidak tepat (inappropriate data/id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip), data hilang (omitted data/ad), kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc), konflik level respon (response level conflict/rlc), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um), masalah hierarki keterampilan/ skill hierarchy problem/shp), dan selain dari kriteria diatas (above other/ao ). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 13 Padang yang berjumlah 39 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal tes dan wawancara. Instrumen penelitian berupa soal tes dengan materi limit fungsi aljabar. Kemudian dilakukan wawancara mendalam terhadap 9 orang peserta didik yang mewakili tiap-tiap kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data adalah triangulasi teknik. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar adalah (a) data tidak tepat (inappropriate data/id) sebesar 3,25%, (b) prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ip) sebesar 8,84%, (c) data hilang (omitted data/ad) sebesar 1,86%, (d) kesimpulan hilang (omitted conclusion/oc) sebesar 4,19%, (e) konflik level respon (response level conjlictlrlc) sebesar 19,07%, (f) manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/um) sebesar 39,07%, (g) masalah hierarki keterampilan (skill hierarchy problem/shp) sebesar 20,93%, dan (h) selain dari kriteria di atas (above other/ao) sebesar 2,79%. Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal limit fungsi aljabar adalah peserta didik kurang memahami maksud soal, kecerobohan peserta didik, peserta didik tidak menguasai materi pembelajaran, tidak menyelesaikan soal dengan baik, lupa langkah penyelesaian soal selanjutnya, kurang percaya diri dalam menyelesaikan soal, lemahnya kemampuan konsep prasyarat, dan tidak memahami sama sekali materi yang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorDwina, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorElniati, sriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:46
Last Modified: 08 Jun 2023 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44106

Actions (login required)

View Item View Item