Gusmarlina, Viola
(2022)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMP Negeri 3 Pariaman ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, model yang digunakan belum mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Pariaman.
J enis penelitian adalah quasi-experiment dengan rancangan penelitian Randomize Control Group Only Design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas VIII. I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIl.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes berbentuk essay. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil analisis data tes akhir dengan a = 0,05 diperoleh P - Value = 0,00 yang berarti tolak H0• Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division lebih baik daripada hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 3 Pariaman.
Actions (login required)
|
View Item |