Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Batanghari

Hanum, Tiara (2022) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Batanghari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TIARA_HANUM_18029023_5391_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya di SMPN 2 Batanghari kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII masih belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik adalah dengan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada kelas VIII di SMPN 2 Batanghari dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model kooperatif tipe TSTS lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan model pembelajaran langsung pada kelas VIII di SMPN 2 Batanghari. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 2 Batanghari 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian berupa kuis diperoleh hasil yang menunjukkan adanya perkembangan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMPN 2 Batanghari. Berdasarkan uji hipotesis pada tes akhir pada taraf nyata 0,05 diperoleh nilai p-value = 0,006. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran TSTS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:46
Last Modified: 08 Jun 2023 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44104

Actions (login required)

View Item View Item