Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang

Wati, Syafira (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SYAFIRA_WATI_18029171_5061_2022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis sangat diperlukan dalam proses pembelajaran karena beberapa bentuk representasi seperti diagram, tampilan gratis dan ekspresi simbolis telah lama menjadi bagian dari matematika. Hal ini bertujuan untuk melatih peserta didik agar mampu mengungkapkan dan menyajikan ide-ide matematis yang mereka miliki. Namun berdasarkan hasil tes yang dilakukan di SMP Negeri 34 Padang diperoleh kemampuan representasi matematis peserta didik yang masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis apakah kemampuan representasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada kemampuan representasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMPN 34 Padang. Pada penelitian ini digunakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan static group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII.A - VIII.I SMP Negeri 34 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga terpilih peserta didik kelas VIII.F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.G sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil tes kemampuan representasi matematis setelah dilakukan analisis data diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value = 0,001, karena P-value < a maka Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pemeblajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E memberikan pengaruh terhadap kemampuan representasi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:45
Last Modified: 08 Jun 2023 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44103

Actions (login required)

View Item View Item