Maharani, Salsabila
(2022)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think PairShare untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan komunikasi merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman masih rendah. Salah satu model pembelajaran untuk memberi pengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis Peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Jenis penelitian ini dalah pre-eksperimental dengan rancangan One Shot Case Study. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII. 1 SMP Negeri 4 Pariaman. Data penelitian ini dikumpulkan melalui kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data yang dikumpulkan dianalisis berdasarkan jumlah peserta didik, rata-rata nilai, serta skor peserta didik per indikator.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tie TPS mengalami peningkatan dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Pariaman untuk semua indikator kemampuan komunikasi matematis.
Actions (login required)
|
View Item |