Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang

Husni, Niakmatul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_NIAKMATUL_HUSNI_18029111_6141_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan literasi matematis penting untuk dimiliki oleh peserta didik agar dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari dan mengembangkan kemampuan matematikanya. Selain itu, kemampuan literasi matematis merupakan salah satu fokus nasional kedepannya dalam menilai mutu pendidikan di sekolah. Agar sekolah tidak mengalami ketertinggalan dan memperoleh mutu yang rendah, maka peserta didik mesti memiliki kemampuan literasi matematis yang baik. Kenyataannya, kemampuan literasi matematis peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil penilaian harian dimana peserta didik belum mampu menyelesaikan persoalan literasi matematis sesuai dengan indikator kemampuan literasi matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran RME lebih baik dibandingkan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional serta mengetahui perkembangan kemampuan literasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran RME di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan quasy experiment dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang dengan kelas XI MIPA 3 dan XI MIPA 7 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuis dan tes kemampuan literasi matematis dalam bentuk essay. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t ', diperoleh Pvalue = 0,000. Karena Pvalue < 0,05 maka tolak H0. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran RME lebih baik daripada kemampuan literasi matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas XI MIPA SMA Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
CorrectorRusyda, Nurul AfifahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:45
Last Modified: 08 Jun 2023 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44101

Actions (login required)

View Item View Item