Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam

Ilham, Muhammad (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUHAMMAD_ILHAM_17029066_6096_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

SMPN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam merupakan salah satu sekolah yang baru dalam memanfaatkan media pembelajaran daring di sekolah pada masa pandemi Covid-19. Sehingga, penggunaan teknologi media yang dapat membantu proses pembelajaran masih belum maksimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran peserta didik khusus nya mata pelajaran matematika adalah dengan menerapkan pembelajaran matematika menggunakan media Google Classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh media pembelajaran Google Classroom pada pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN I Ampek Angkek Kabupaten Agam tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan VII.2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen berjumlah 31 orang peserta didik dengan menggunakan media Google Classroom, sedangkan untuk kelas kontrol berjumlah 32 orang peserta didik dengan menggunakan aplikasi whatsapp. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal uraian dan angket media Google Classroom. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan dari proses analisis data , diperoleh P-value = 0,002, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima karena 0,002 < 0,05, Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Google Classroom pada pembelajaran matematika secara daring, memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 08 Jun 2023 00:44
Last Modified: 08 Jun 2023 00:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44100

Actions (login required)

View Item View Item