Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMA Pertiwi 1 Padang

Hasana, Hosma Refwatul (2022) Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas XI IPS 4 SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_HOSMA_REFWATUL_HASANA_18029181_5254_2022.pdf

Download (58MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir kritis adalah salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik. kemampuan berfikir kritis peserta didik adalah kemampuan peserta didik mengolah informasi yang didapat untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Narnun, kemampuan berfikir kritis peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Pertiwi 1 Padang materi program linear bagi peserta didik dengan gaya kognitif Field lndependent(FI) dan Field Dependent(FD). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan prosedur pemilihan subjek dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah 6 peserta didik yaitu 3 peserta didik dengan gaya kognitif Field Independent dan 3 peserta didik dengan gaya kognitif Field Dependent. Pengumpulan data penelitian dengan metode observasi, tes tertulis dan wawancara. Validasi data yang d igunakan adalah triangulasi rnetode, dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpu Ian. Hasil penelitian menunjukkan 1 ). Peserta didik bergaya kognitif Fl cenderung mampu memahami permasalahan pada soal cerita program linear, sehingga peserta didik dengan gaya kognitif Fl cenderung mampu memenuhi indicator kemampuan lberfikir kritis, yaitu interpretsi, analisis, evaluasi, dan ninference. 2). Peserta didik bergaya kognitif FD kesulitan memahami masallah di dalam soal, sehingga peserta didik bergaya kognitif FD kurang mampu dalam memenuhi indicator kemampuan berfikir kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifandi, RonalUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FirdgoUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:51
Last Modified: 07 Jun 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44096

Actions (login required)

View Item View Item