Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIP A SMAN 14 Padang

Nofma, Firna Melisa (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI MIP A SMAN 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FIRNA_MELISA_NOFMA_18029007_4774_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah pembelajaran matematika peserta didik dapat menguasai kemampuan-kemampuan matematika diantaranya kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah matematika pada dasamya merupakan tujuan utama proses pembelajaran. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas XI MIPA SMAN 14 Padang masih rendah. Hal ini dilihat dengan memberikan soal tes awal kemampuan pemecahan masalah matematika dan ditemukan fakta bahwa peserta didik belum mampu untuk menyelesaikan soal tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan membandingkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik daripada yang belajar menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning serta mendeskripsikan perkembangan pemecahan masalah matematika peserta didik selama diterapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning di kelas XI MIPA SMAN 14 Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan Non-equivalent Postest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 14 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa kuis yang diberikan setiap pertemuan untuk melihat perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen dan soal tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk soal essay untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data kuis terdapat peningkatan pada setiap indikator pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil analisis tes kemampuan pemecahan masalah matematika diperoleh P-value = 0. Karena P-Value kurang dari a = 0,05 artinya terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Guided Discovery Learning lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorRusyda, Nurul AfifahUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:51
Last Modified: 07 Jun 2023 07:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44095

Actions (login required)

View Item View Item