Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh

Sani, Aulya (2022) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AULYA_SANI_18029102_8044_2022.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu aspek yang hams dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMAN 1 Payakumbuh ditemukan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik tergolong rendah karena dalam proses pembelajaran di kelas masih didominasi oleh pendidik, sehingga peserta didik cenderung pasif dalam menemukan konsep matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dan membuat peserta didik aktif dalam suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment Research) yang menggunakan rancangan penelitian non- equivalent posttest-only control group design. Populasi pada penelitian yang telah dilakukan adalah kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penilaian berupa tes akhir belajar berbentuk soal essay, yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan hasil analisis data tes pemahaman konsep matematis diperoleh bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P- value = 0,014 karena P-value <0,05 maka HO ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik pada kelas XI IPS SMA Negeri 1 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorMeautia, MaulaniUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:27
Last Modified: 07 Jun 2023 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44094

Actions (login required)

View Item View Item