Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan

Fauzana, Annisa (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANNISA_FAUZANA_18029058_5796_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Pemahaman Konsep matematika pada dasamya merupakan tujuan utama proses pembelajaran. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas XI IPS SMAN lIV Nagari Bayang Utara masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model pembelajaran langsung pada peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu (quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan Non-equivalent Postest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 IV Nagari Bayang Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu berupa soal tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan analisis tes akhir diperoleh P-value = 0. Karena P-Value kurang dari a = 0,05 artinya terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, sehingga kemampuan pemahanan konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)) lebih baik dari pada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukni, MukniUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:27
Last Modified: 07 Jun 2023 07:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44093

Actions (login required)

View Item View Item