Penerapan Model Index Card Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 4 Tanjung Raya

Octaliana, Alfarini (2022) Penerapan Model Index Card Match Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 4 Tanjung Raya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ALFARINI_OCTALIANA_18029100_7731_2022.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika yang hams dimiliki oleh peserta didik. Namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Tanjung Raya masih rendah, terlihat dari hasil penilaian harian peserta didik yang belum mampu menyelesaikan permasalahan matematis secara tepat sesuai dengan indikator komunikasi matematis. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Index Card Match. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Index Card Match lebih baik daripada pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 4 Tanjung Raya. J enis penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan rancangan penelitian non-equivalent posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 4 Tanjung Raya tahun pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh, sehingga terpilih kelas IX.I sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal essay. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji t. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-t, diperoleh P - value = 0,048. Karena P - value < a = 0,05 , maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model Index Card Match lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional di kelas IX SMP Negeri 4 Tanjung Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukni, MukniUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jun 2023 07:20
Last Modified: 07 Jun 2023 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44088

Actions (login required)

View Item View Item