Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman

Rahma, Aulia (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_AULIA_RAHMA_18029060_209_2023.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi turunan berdasarkan analisis kesalahaan Newman. Dalam penelitian ini digunakan soal tes esai berbentuk soal cerita sebanyak 5 soal berdasarkan materi perpangkatan dan bentuk akar kepada 26 peserta didik kelas IX C. Soal dianalisis menggunakan analisis Miles dan Huberman serta diuji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis kesalahan Newman, kesalahan yang sering terjadi adalah kesalahan transformasi soal, kesalahan keterampilan proses dan kesalahan penentuan jawaban akhir. Faktor penyebab keselahan peserta didik adalah bakat peserta didik yang masih rendah, kebiasaan peserta didik tidak mengulang pembelajaran, sikap peserta didik yang kurang perhatian terhadap pelajaran, ketidak telitian, kurangnya fokus belajar dan jadwal pembelajaran peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Newman, Soal Cerita, Perpangkatan dan Bentuk Akar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:21
Last Modified: 06 Jun 2023 07:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44074

Actions (login required)

View Item View Item