Pengaruh Kompetensi Arsiparis dan Sarana Prasarana Kearsipan terhadap Penggelolaan Arsip Dinamis di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Anugerah, Bunga (2023) Pengaruh Kompetensi Arsiparis dan Sarana Prasarana Kearsipan terhadap Penggelolaan Arsip Dinamis di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
B1_1_BUNGA_ANUGERAH_18053092_3602_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi arsiparis dan sarana prasarana kearsipan terhadap pengelolaan arsip dinamis di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 57 pegawai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Pada tahap analisa data dilakukan analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi Arsiparis dan Sarana Prasarana Kearsipan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan Arsip Dinamis di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, artinya semakin kompeten arsiparis dan semakin memadai sarana prasarana kearsipan maka pengelolaan arsip akan semakin baik. (2) Kompetensi Arsiparis berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan Arsip Dinamis di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, meskipun masih terdapat beberapa arsiparis yang belum terampil melakukan penyusutan arsip, masih ada arsiparis yang belum mampu menemukan arsip dalam waktu satu menit, dan kurang senang membersihkan arsip. (3) Sarana Prasarana Kearsipan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pengelolaan Arsip Dinamis di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, meskipun masih ada beberapa peralatan arsip yang belum tersedia dan kurang lengkap seperti tickler file box, cardex, dan filling cabinet. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan kepada pimpinan dan arsiparis di Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dalam meningkatkan pengelolaan arsip dinamis yaitu (1) Pimpinan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh diharapkan dapat memberikan pelatihan kearsipan kepada arsiparis, (2) Arsiparis diharapkan mampu melakukan penyusutan arsip dengan memperhatikan jadwal retensi arsip, mampu menemukan arsip dalam waktu satu menit menggunakan kartu indeks, serta menjadikan pekerjaan kearsipan sebagai pekerjaan yang menyenangkan. (3) Pimpinan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh diharapkan dapat menyediakan sarana prasarana kearsipan yang memadai, tickler file box, cardex, dan filling cabine.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmida S., Armida S.UNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorSyamwil, SyamwilUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI ARSIPARIS, PRASARANA KEARSIPAN, ARSIP DINAMIS
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AC Collections. Series. Collected works

H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Nov 2023 03:42
Last Modified: 22 Nov 2023 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44015

Actions (login required)

View Item View Item