Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Mengkaji Kesehatan Hutan Mangrove di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman dengan Menggunakan Citra Sentinel-2

Rahadian, Robby (2022) Pemanfaatan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis untuk Mengkaji Kesehatan Hutan Mangrove di Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman dengan Menggunakan Citra Sentinel-2. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ROBBY_RAHADIAN_18331086_5308_2022.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Mengetahui Perubahan luas hutan mangrove tahun 2010 dan 2020 Kecamatan Ulakan Tapakis dengan metode overlay menggunakan citra sentinel-2 dan sistem informasi geografis. (2) untuk mengetahui Kondisi kesehtan hutan mangrove di kecamatan Ulakan Tapakis dengan metode NDVI menggunakan citra sentinel -2 dan sistem informasi geografis. Penelitian ini menggunakan metode Normalized Difference Vegetation Indeks ( NDVI) Dan overlay, melakukan kombinasi band agar dapat memunculkan vegetasi hutan mangrove dengan menggabungkan band 5,8,11 Red Green Blue untuk citral sentinel-2, agar dapat memperoleh perubahan luasan hutan mangrove serta kesehatan hutan mangrove di wilayah kecamatan ulakan tapakis kabupaten padang pariaman. Hasil dari penelitian ini adalah 3 buah peta yaitu berupa peta : peta luasan hutan mangrove pada tahun 2010 , peta luasan hutan mangrove tahun 2020 serta peta kesehatan hutan mangrove yang tingkat kesehatan terbagi atas 5 tingkatan yaitu sangat tidak sehat, tidak sehat , normal , sehat dan sangat sehat. Dari jumlah luasan hutan mangrove 27,40 ha kondisi kesehatan hutan mangrove pada wilayah kecamatan ulakan tapakis berada pada tingkatan sehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArif, Dian AdhetyaUNSPECIFIED
CorrectorIswandi U, Iswandi UUNSPECIFIED
CorrectorFebriandi, FebriandiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KESEHATAN MANGROVE , PENGINDERAAN JAUH, SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 May 2023 02:53
Last Modified: 29 May 2023 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44012

Actions (login required)

View Item View Item