Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dalam Materi Menggambar Ilustrasi Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Prayoga, Randi Rama (2023) Penggunaan Media Video Animasi Berbasis Powtoon untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik dalam Materi Menggambar Ilustrasi Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_RANDI_RAMA_PRAYOGA_19020014_1559_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam materi menggambar ilustrasi kelas VIII SMP Negeri 13 Padang melalui penggunaan media animasi berbasis powtoon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII.9 SMP Negeri 13 Padang yang berjumlah 32 peserta didik. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan uji menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengolahan data diketahui bahwa hasil penelitian untuk nilai rata-rata hasil peningkatan kreativitas yang diperoleh pada tahapan pra siklus yaitu 77.87 (Kurang), pada saat dilakukannya tahap siklus I mengalami sedikit peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 79.84 (Baik) dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan tahapan pada siklus II yang membuat nilai rata-rata hasil peningkatan kreativitas peserta didik yang diperoleh meningkat signifikan menjadi 89.81 (Sangat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi berbasis powtoon dapat meningkatkan kreativitas peserta didik dalam materi menggambar ilustrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAwrus, SuibUNSPECIFIED
CorrectorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorYahya, YahyaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 May 2023 07:28
Last Modified: 26 May 2023 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/44003

Actions (login required)

View Item View Item