Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Fluida Statik, Suhu dan Kalor di Kelas XI SMA/MA

Savitri, Vira Melodia (2022) Pengembangan Modul Berbasis Kontekstual Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Fluida Statik, Suhu dan Kalor di Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_VIRA_MELODIA_SAVITRI_17033169_1762_2022.pdf

Download (674kB) | Preview

Abstract

Menyikapi tantangan Abad 21, antara lain perlu dikembangkan keterampilan berfikir kreatif termasuk dalam pembelajaran di sekolah. Namun kenyataan kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah, hal ini antara lain disebabkan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat memfasilitasi siswa dalam dalam membangun pengetahuannya melalui fenomena disekitarnya dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam mata pelajaran fisika. Penelitia ini secara umum adalah menghasilkan modul fisika berbasis kontekstual yang mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif. Secara khusus adalah untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas serta efektivitas dari modul fisika berbasis kontekstual yang mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif pada materi fluida statis dan suhu kalor. Jenis penelitian yang dipakai adalah Research and Development dengan desain ADDIE. Alasan peneliti memilih menggunakan model pengembangan ADDIE dikarenakan model pengembangan ini memiliki keunggulan pada tahapan kerjanya yang sistematik. Setiap fase dilakukan evaluasi dan revisi dari tahapan yang dilalui, sehingga produk yang dihasilkan menjadi produk yang valid. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah analysis, design, development, implemenation dan evaluation. Instrumen berupa lembar angket uji validitas oleh dosen dan lembar angket uji kepraktisan oleh dosen. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik dengan t-test berkorelasi (related)”. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa Modul fisika yang dikembangkan memperoleh nilai 84,80 dan berada pada kategori valid, Penggunaan modul pada materi fluida statis dan suhu kalor memperoleh nilai kepraktisan masing-masing 88 dan 92, yang keduanya berada pada kategori praktis, Penggunaan modul yang diuji keefektifannya pada siswa SMA memperoleh nilai 30,33 di tahap pretest dan 60,73 di tahap postest. Kenaikan ini menunjukkan bahwa modul berada pada kategori efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 May 2023 06:27
Last Modified: 26 May 2023 06:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43991

Actions (login required)

View Item View Item