Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Sumbar

Marendah, Ovi (2022) Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin Siswa Kelas X di SMK Negeri 1 Sumbar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_OVI_MARENDAH_18067013_7296_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan berperan penting dituntut untuk mampu memotivasi siswa dengan baik dengan tujuan meraih hasil belajar optimal. Dalam menumbuhkan hasil belajar peserta didik perlunya motivasi belajar yang tepat. Penelitian ini diterapkan karena hasil belajar siswa teknik mesin SMK Negeri 1 Sumatera Barat masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah adanya hubungan antara motivasi belajar siswa kelas X DPTM SMK Negeri 1 Sumatera Barat dengan hasil belajarnya. Jenis penelitian yang dipakai ialah penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional terfokus pada penyelidikan daya dengan teknik statistik dalam melihat kehadiran dan signifikan hubungan 2 variabel atau lebih. Penelitian telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Hasil penelitian motivasi belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin diperoleh nilai mean yaitu 53.64, median 54.00 dengan standar deviasi 12.248. Penelitian hasil belajar Dasar Perancangan Teknik Mesin didapatkan nilai mean yaitu 46.50, median 45.00 dengan standar deviasi 11.328. terdapat hubungan motivasi belajar pada hasil belajar pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin kelas X SMK Negeri 1 Sumatera Barat r hitung 0.461 sedangkan rtabel 0.214. Disimpulkan pada penelitian terdapat hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar pembelajaran Dasar Perancangan Teknik Mesin berkolerasi positif dan peserta didik termotivasi dalam menumbuhkan hasil belajar yang baik, optimal, memiliki keterkaitan, dan nilai diatas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErizon, NelviUNSPECIFIED
CorrectorPurwantono, PurwantonoUNSPECIFIED
CorrectorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 May 2023 01:46
Last Modified: 25 May 2023 01:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43947

Actions (login required)

View Item View Item