Pengaruh Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Karmila, Safira (2022) Pengaruh Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_SAFIRA_KARMILA_18065047_8030_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berbagai permasalahan yang sering ditemukan pada dunia pendidikan salah satu nya yaitu hasil belajar siswa, karena hasil belajar memegang peranan penting untuk menilai kualitas pendidikan, maka dari itu untuk meningkatkan hasil belajar peneliti menerapkan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD), model pembelajaran ini dilakukan secara berkelompok atau berdiskusi, dengan ini siswa akan cenderung lebih aktif berpendapat dan saling berkerja sama di dalam tim nya masing-masing. Penelitianini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil dari penelitian ini berdasarkan pembuktian hipotesis dengan menggunakan uji T, diperoleh hasil perhitungan dua sisi sebesar 0,000 dengan taraf signifikan 0,005 artinya hasil analisis lebih kecil dari taraf signifikannya. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh dalam penerapan model pembelajaran STAD, hal ini juga dapat dilihat dari rata-rata kedua kelas yaitu sebesar 84,24 pada kelas eksperimen dan sebanyak 58,68 pada kelas kontrol. Dari peerbedaan rata-rata tersebut jelas terlihatadanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran STAD, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrizon, EfrizonUNSPECIFIED
CorrectorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 25 May 2023 01:26
Last Modified: 25 May 2023 01:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43942

Actions (login required)

View Item View Item