Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Irigasi dan Drainase Menggunakan Aplikasi Strom Water Management Model (SWMM) 5.

Wiranda, Yoga Abel (2022) Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Irigasi dan Drainase Menggunakan Aplikasi Strom Water Management Model (SWMM) 5. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_YOGA_ABEL_WIRANDA_17061114_8135_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada pada mata kuliah Irigasi dan Drainase adalah belum memadainya media pembelajaran saat proses belajar mengajar dan kurangnya pemanfaatan teknologi khususnya pada materi simulasi drainase menggunakan aplikasi Strom Water Management Model 5.1. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Irigasi dan Drainase. Penelitian ini menggunakan tahapan-tahapan Research and Development yang mengadaptasi model 4D. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian media pembelajaran untuk ahli media, ahli materi, dan mahasiswa. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi 1 memperoleh skor rata-rata 95% dikatakan “sangat valid”. Penilaian produk oleh ahli materi 2 memperoleh skor rata-rata 96% dikatakan “sangat valid”. Validasi oleh ahli media 1 mendapat skor rata-rata 89% dikatakan “sangat valid”, ahli media 2 mendapat skor rata-rata 90% dikatakan “sangat valid”. Berdasarkan penilaian praktikalitas oleh mahasiswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata sebesar 92.75% dengan kategori “sangat praktis”, sedangkan kelompok besar memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,89% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media yang dihasilkan dinyatakan valid dan sangat praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndayono, TotohUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorSandra, NevyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IRIGASI DAN DRAINASE
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 May 2023 05:10
Last Modified: 24 May 2023 05:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43920

Actions (login required)

View Item View Item