Laghauk: Ramalan Nasib Calon Pasangan Pengantin: Studi Etnosains pada Masyarakat Nagari Kudu Gantiang Barat Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman

Melati, Melati (2022) Laghauk: Ramalan Nasib Calon Pasangan Pengantin: Studi Etnosains pada Masyarakat Nagari Kudu Gantiang Barat Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_MELATI_17058024_5280_2022.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ingin menjelaskan dan mendeskripsikan bagaimana sistem pengetahuan masyarakat pada ramalan laghauk di Nagari Kudu Gantiang Barat yang masih eksis sampai sekarang. Penelitian ini dianalisis dengan teori etnosains oleh James P. Spradley. Asumsi dasar teori etnosains adalah sistem pengetahuan yang diperoleh manusia melalui proses belajar yang akan digunakan untuk menginterprestasikan dan menyusun strategi di lingkungan sekitar mereka. Penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi etnografi. Pengumpulan data di mulai pada bulan Desember 2021-Februari 2022. Lokasi penelitian di Nagari Kudu Gantiang Barat. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumentasi, pengumpulan data mengunakan teknik triangulasi sumber dan dianalisis dengan teknik analisis etnografi model Spradley. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa sistem pengetahuan masyarakat pada ramalan laghauk berangkat dari pengalaman-pengalaman yang diperoleh baik dari keluarga maupun kerabat ketika nasib mereka diramal. Pengetahuan masyarakat mengenai ramalan laghauk dapat dikelompokkan atas tiga yaitu: percaya, tidak percaya dan percaya tidak percaya. Masyarakat yang percaya akan ramalan disebabkan karena seringnya ditemui kebenaran dari ramalan kehidupan pasangan, sedangkan mereka yang tidak percaya karena tidak terbukti dari isi ramalan laghauk, dan mereka yang percaya dan tidak percaya dikarenakan masih meragukan ramalan laghauk atau karena kebetulan saja, apalagi adanya keyakinan dalam Islam yang tidak boleh mempercayai ramalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitriani, FitrianiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, MuhammadUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 May 2023 02:59
Last Modified: 24 May 2023 03:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43915

Actions (login required)

View Item View Item