Fikri, Hasnul
(2022)
Analisis Penggunaan Variasi Turbo Cyclone terhadap
Performa Kendaraan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya kendaraan yang mengalami
penurunan performa dan emisi gas buang yang berlebihan karena usia pakai dan
perawatan yang tidak rutin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan Turbo Cyclone terhadap performa kendaraan dan emisi gas buang serta
simulasi bentuk aliran udara yang melewati Turbo Cyclone. Pada penelitian ini,
peneliti menggunakan Turbo Cyclone merek Jet Ranger dan JSC yang kemudian
dibandingkan.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, kendaraan yang digunakan
sebagai objek penelitian yaitu Honda Beat PGM-FI. Pada penelitian ini yang
menjadi variable bebas yaitu Turbo Cyclone Jet Ranger dan Turbo Cyclone JSC,
sedangkan yang menjadi variable terikat yaitu performa kendaraan berupa torsi,
daya, emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar spesifik (SFCe) serta simulasi
aliran udara menggunakan solidwork.
Hasil penelitian menunjukkan, penggunaan Turbo Cyclone menyebabkan
torsi dan daya maksimum pada motor berkurang jika dibandingkan tanpa
menggunakan Turbo Cyclone, Emisi gas buang yang dihasilkan pada putaran 1700
RPM, 3500 RPM dan 5500 RPM saat pengujian memiliki keunggulan pada masing
– masing tahapan pengujian, Konsumsi bahan bakar spesifik terbaik terjadi pada
saat menggunakan Turbo Cyclone JSC, dan hasil dari simulasi aliran udara
menggunakan solidwork yaitu itensitas turbulensi dan pressure drop tertinggi
terjadi saat menggunakan Turbo Cyclone Jet Ranger
Actions (login required)
|
View Item |