Kajian Simulasi Numerik Aliran Partikel pada System Pneumatic Conveying Ep Dust Raw Mill Unit Indarung V dengan Menggunakan Aplikasi Solidworks

Akhbar, Muhammad (2022) Kajian Simulasi Numerik Aliran Partikel pada System Pneumatic Conveying Ep Dust Raw Mill Unit Indarung V dengan Menggunakan Aplikasi Solidworks. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MUHAMMAD_AKHBAR_18338034_6816_2022.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada Proses pembuatan semen selalu terjadinya proses transport material. Transport material merupakan proses penghubung antara proses di raw mill, proses di kiln dan juga proses di cement mill. Umumnya transport material pada industri semen menggunakan prinsip mechanical conveyor dan pneumatic conveyor. Pada alat transport material debu unit Indarung V menggunakan sistem pneumatic conveying. Akan tetapi material debu yang disalurkan menggunakan sistem pneumatic conveying tersebut tidak dapat menghantarkan material secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi terahdap masalah yang terjadi pada alat transport material debu unit Indarung V dengan menggunakan software solidworks. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi numerik dengan software berbasis Computatioal Fluid Dynamis (CFD). Analisis ini dilakukan untuk mendapatkan berapa nilai Headloss dan Pressure Drop pada pipa, selain itu juga dilakukan analisis partikel study untuk melihat fenomena aliran partikel elbow pipa dan juga mecari berapakah pressure dan kecepatan udara yang bisa untuk menghantarkan material pada pipa menuju outlet. Dari hasil analisis menggunakan software solidwork dengan kecepatan 25 m/dt dan pressure 1,8 bar didapatkan pressure drop sebesar 0,22 bar dan headloss sebesar 1.217 meter. Sedangkan pressure drop jika dialiri partikel adalah sebesar 0,54 bar dan pada analisa partikel studi diketahui bahwa dengan kecepatan 25 m/dt dan pressure 1,8 bar tidak dapat menghantarkan material menuju outlet pipa. Sehingga perlu dilakukan penambahan kecepatan udara dan pressure pada blower untuk menghantarkan material menuju outlet dan dari analisis menggunakan software solidworks didapatkan pressure sebesar 2 bar dan kecepatan 31 m/dt dengan persentase menghantarkan material sebesar 64%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFernanda, YolliUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NUMERIK ALIRAN PARTIKEL
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 May 2023 08:28
Last Modified: 23 May 2023 08:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43900

Actions (login required)

View Item View Item